Kenali Alat Musik Daerah sebagai Warisan Budaya Indonesia

Saat berada di Sekolah Dasar, guru kesenian pasti mengenalkan kita dengan alat musik daerah. Tujuannya sudah pasti untuk melestarikan kesenian dan agar kita terus mengingat bahwa di tengah era global ini, kita masih memiliki alat musik daerah yang merdunya tidak kalah dengan alat musik modern. Setiap daerah di Indonesia memiliki alat musik khas yang menjadi identitas daerah tersebut. Jika dijabarkan, banyak sekali alat musik daerah yang dapat menggambarkan kesenian khas daerah di Indonesia. Berikut daftar alat musik daerah serta daerah asalnya.

No.Nama DaerahAlat Musik
1AcehSerune Kalee
2Sumatera UtaraAramba
3Sumatera BaratSaluang
4RiauGambus
5Sumatera SelatanAccordion
6BengkuluDoll
7LampungBende
8Bangka BelitungGendang Melayu
9Kepulauan RiauGendang Panjang
10JakartaTehyan
11Jawa BaratAngklung
12Jawa TengahGamelan
13Daerah Istimewa YogyakartaGendang
14Jawa TimurBonang
15BantenGendang
16BaliCengceng
17Nusa Tenggara BaratSerunai
18Nusa Tenggara TimurSasando
19Kalimantan TimurSampe
20Kalimantan TengahJapen
21Kalimantan SelatanPanting
22Sulawesi UtaraKolintang
23Sulawesi TengahGanda
24Sulawesi SelatanKeso
25Sulawesi TenggaraLadolado
26GorontaloGanda
27Sulawesi BaratKecapi
28MalukuNafiri
29Maluku UtaraFu
30Apua BaratGuoto
31PapuaTifa

Berikut penjelasan lebih lanjut mengenai alat musik daerah dan daerah asalnya.

Sasando

Sasando merupakan alat musik khas Tanah Rote, sebuah daerah di Nusa Tenggara timur. Alat musik ini terbuat dari daun lontar. Bentuknya sangat unik dan cara memainkannya adalah dengan cara dipetik. Jika kamu bisa memainkannya dengan benar, sasando akan mengeluarkan suara yang sanhat merdu.

Baca Juga :  Media Tanam Populer yang Wajib Kamu Ketahui!

Angklung

Bagi kamu yang bersekolah di sekitar Jawa Barat, pasti sudah tidak asing dengan alat musik khas daerah Jawa Barat ini. Bukan hanya terkenal sebagai alat musik khas Jawa Barat, angklung juga sudah diakui sebagai warisan budaya Indonesia oleh UNESCO.

Angklung dibuat dari bambu dan cara memainkannya aalah dengan cara digetarkan. Bunyi angklung sangatlah merdu sehingga angklung sering dipadukan dengan orkestra besar.

Bonang

Bonang merupakan alat musik khas Jawa Timur. Alat musik ini memiliki sejarah yang sangat kuat dalam persebaran Islam di Indonesia. Cara memainkan bonang adalah dengan cara dipukul di bagian atasnya. Hingga saat ini, bonang sering dipakai dalam acara adat, seperti penikahan.

Gamelan

Masih alat musik khas Pulau Jawa, saat ini yang akan dibahas adalah gamelan. Gamelan merupakan alat musik yang sangat terkenal. Bahkan warga asing pun banyak yang ingin mempelajari gamelan. Suaranya yang merdu membuat gamelan sering menjadi instrumen dasar atau pengiring instrumen lainnya.

Kecapi

Kecapi merupakan alat musik khas Sulawesi Barat. Cara memainkannya yaitu dengan dipetik. Suara yang dihasilkan sangatlah merdu sehingga dapat digunakan untuk rileksasi diri. Dalam banyak pertunjukkan, kecapi biasanya dimainkan seorang diri.

Saluang

Saluang adalah alat musik khas Sumatera Barat. Bentuknya mirip dengan suling tetapi saluang hanya memiliki 4 lubang suara saja. Meskipun terlihat sederhana, salung dapat menghasilkan suara yang sangat merdu. Saluang pun menyimpan nilai magis yang diyakini masyarakat, yaitu dapat menghipnotis para pendengarnya.

Tifa

Tifa adalah alat musik khas Papua. Bentuknya seperti tube dan cara memainkannya dengan dipukul. Tifa sangat terkenal di kalangan masyarakat Papua dan Maluku. Banyak orang yang lihai dalam memainkannya. Hingga saat ini, tifa sering digunakan untuk acara-acara adat.

Baca Juga :  Cara Membuat Aquascape yang Indah

Itulah beberapa penjelasan mengenai beberapa alat musik daerah khas Indonesia. Jangan lupa untuk belajar memainkan alat musik khas daerahmu, ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *