Cara Membuat Aquascape yang Indah

Anda seorang penggemar ikan hias akuarium? Atau hanya sekedar penikmat indahnya ikan di aquascape yang bikin segar di mata? Mungkin beberapa orang ada yang bertanya, memang akurium dengan aquascape berbeda? Dilihat dari bentuknya, sekilas akuarium dengan aquascape memang sama, karena keduanya menggunakan wadah kaca yang berbentuk kotak. Bedanya, akuarium lebih fokus diisi dengan ikan hias, sedangkan aquascape isinya adalah tanaman air,batu, karang, kayu, dan media lain untuk tumbuh tanaman. Jadi, jika ada ikan dalam aquascape itu hanya untuk pelengkap saja, dan ikan akan hidup berenang-renang sesuai dengan habitat aslinya. Aquascape sendiri bisa diartikan seni mengatur tanaman air tawar dalam akuarium sehingga memberikan efek seperti berkebun di bawah air. Sepertinya aquascape lebih menawan ya?

Lalu, bagaimana cara membuat aquascape? Apa saja yang dibutuhkan untuk membuat aquascape? Bagaimana cara membuat aquascape untuk pemula? Mungkin pertanyaan tersebut yang muncul dalam pikiran Anda. Nah, berikut beberapa langkah cara membuat aquascape yang mudah.

Sebelumnya ada beberapa bahan yang diperlukan untuk membuat dan menciptakan suasana aquascape yang kita inginkan, antara lain:

·         Akuarium

·         pasir

·         Pupuk

·         Bebatuan

·         Tanaman

·         Filter

·         Diffuser CO2

·         Lampu

Jika bahan tersebut sudah siap, Anda bisa langsung mengeksekusi membuat aquascape yang didambakan.

1.             Mendesain Dasar Akuarium

Cara membuat aquascape yang pertama adalah mendesain dasar akuarium dengan menaburkan pasir di bagian dasar akuarium dengan ketinggian 2-3 cm. Pasir silica bisa menjadi alternatif pertama bagi Anda seorang pemula, karena mudah didapatkan. Penggunaan pasir bertujuan sebagai media tanam tumbuhan,  tempat tanaman menancapkan akarnya. Agar tanaman dapat tumbuh dan berkembang.

2.             Memberikan Pupuk

Baca Juga :  Jenis Ikan Untuk Aquascape

Langkah kedua untuk membuat aquascape adalah dengan memberikan pupuk pada pasir dasar akuarium. Ketebalan pupuk cukup 2-3 cm saja. Pemberian pupuk bertujuan untuk memberi nutrisi tanaman yang ditanam. Oleh karena itu, pilihlah pupuk dengan kualitas terbaik, agar pertumbuhan tanaman maksimal. Tetapi, jika menggunakan tanaman air yang penyerapan nutrisinya melalui daun, maka tahap ini bisa dihilangkan. Lumayan, bisa menghemat biaya kan?

3.             Menutup Pupuk dengan Pasir

Setelah memasukkan pupuk, langkah selanjutnya adalah menutup pupuk dengan pasir, agar pupuk tidak larut dalam air ketika akuarium diberi air. Buatlah tampilan yang menarik karena pasir ini akan menjadi bagian permukaan dasar aquascape. Anda dapat menata pasir yang di belakang lebih tinggi daripada yang di depan agar memberikan efek depth atau efek kedalaman.

4.             Memasukkan Aksesoris Penghias

Cara membuat aquascape selanjutnya adalah memasukkan tambahan aksesoris seperti bebatuan atau kayu. Menata bebatuan dan kayu ini harus dilakukan dengan baik agar ketika ditambahkan tanaman hasilnya bisa seperti yang diharapkan. Diperlukan ketelitian dan kesabaran ya, karena jika terdapat kesalahan dalam tata letak akan membutuhkan cukup banyak waktu untuk mengulanginya.

5.             Menanam Tanaman

Tahap berikutnya adalah bercocok tanam dalam akuarium, menarik bukan? Sebelum menanam, terlebih dahulu isi seperempat bagian akuarium dengan air bersih untuk mempermudah dalam memasukkan tanaman. Pengisian air harus perlahan dan hati-hati agar tidak merusak desain yang telah dibuat. Kemudian tanam satu persatu tumbuhan yang sudah disiapkan. Untuk tanaman yang tidak terkena air atau tanaman yang berukuran besar, Anda dan menyemprot daunnya agar tidak rusak dan layu. Tanam tanaman semenarik mungkin sesuai selera dan desain yang telah Anda siapkan. Susun tanaman sedemikian rupa agar dapat tumbuh dengan indah. Karena tanaman dalam aquascape menjadi fokus utama yang dinikmati oleh penggemarnya.

Baca Juga :  Kenali Alat Musik Daerah sebagai Warisan Budaya Indonesia

6.             Mengisi air

Jika semua tanaman sudah terpasang, kini saatnya Anda mengisi aquascape dengan air. Seperti sebelumnya, memasukkan air ke dalam aquascape harus perlahan agar tumbuhan dan pasir tidak rusak. Setelah aquascape penuh, sebaiknya 70% air dari jumlah yang ada dibuang terlebih dahulu. Kemudian diisi sampai penuh lagi. Hal ini bertujuan untuk membuang beragam zat berbahaya yang berasal dari komponen di dalam aquascape.

7.             Memasang Filter dan Perangkat Pendukung Lainnya

Langkah cara membuat aquascape yang terakhir adalah memasang filter, diffuser CO2 dan lampu. Filter berguna untuk sirkulasi dan juga menyaring air. Diffuser CO2 dan lampu bermanfaat untuk proses fotosintesis dari tanaman.

Nah, aquascape yang menawan sudah siap dinikmati! Namun sebaiknya tunggu selama 2 minggu jika ingin memasukkan hewan ke dalam aquascape. Karena dikhawatirkan hewan akan mati karena masih terdapat kandungan amonia pupuk yang tinggi di dalam air.

cara membuat aquascape

Begitulah cara membuat aquascape murah meriah dan mudah bagi pemula. Jadi, Apakah Anda sudah siap untuk mempraktekkan cara membuat aquascape tersebut?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *