Jenis Ikan Untuk Aquascape

Bagi Anda penggemar dunia ikan hias, mungkin sudah tidak asing dengan aquascape. Ya, meskipun tergolong baru, seni bercocok tanam di dalam akuarium ini sudah mulai diminati oleh masyarakat Indonesia. Selain menikmati indahnya tumbuhan dalam aquascape yang menyegarkan mata, keberadaan ikan hias aquascape berwarna- warni juga dapat mencuri perhatian karena tampak menampilkan habitat asli ekosistem ikan di air yang sungguh menawan. Berbicara  Ikan hias aquarium, tahukah Anda bahwa tidak semua ikan hias cocok dipelihara dalam aquascape?

Beberapa jenis ikan mempunyai sifat merusak tanaman, agresif, menggali pasir pada aquascape, sehingga tidak cocok untuk dipelihara dalam aquascape.  Ikan hias yang cocok untuk dipelihara sebagai ikan hias aquascape adalah ikan yang bersifat ramah pada ikan lainnya, tidak agresif, tidak kanibal dan tidak merusak tanaman air serta indah dipandang tentunya. Selain itu, ikan hias aquascape harus kuat dan tahan lama agar mudah dalam pemeliharaannya. Untuk itu, sebelumnya Anda harus mempersiapkan jenis ikan yang akan dipelihara agar tidak merusak aquascape yang telah tercipta.

Berikut merupakan contoh  jenis ikan yang cocok untuk ikan hias aquascape.

1. Ikan hias aquascape Rainbow

Nama ikan ini menggambarkan wujudnya yang memang cantik berwarna-warni bak pelangi. Selain menarik karena warnanya yang cantik, ikan ini dipilih karena mudah dalam perawatannya. Harga ikan ini juga tidak terlalu mahal, dengan Rp 15.000 Anda sudah dapat membawa pulang seekor ikan rainbow.

2. Ikan Hias Aquascape Manfish

Ikan ini mempunyai ciri bentuk tubuh yang sangat khas sebagai ikan hias. Manfish memiliki bentuk tubuh pipih atau gepeng menyerupai anak panah. Sirip punggung dan perut membentang lebar ke arah ekor sehingga nampak berbentuk busur berwarna gelap transparan. Karena keunikannya ini manfish banyak diburu oleh penggemar ikan hias. Selain itu, makanan dari ikan manfish cukup mudah, Anda cukup memberi pelet kecil dan cacing sutra. Harganya juga tidak menguras kantong, Rp 10.000 saja Anda dapat membeli seekor ikan Manfish.

Baca Juga :  Media Tanam Populer yang Wajib Kamu Ketahui!

3. Ikan Hias Aquascape Guppy

Keunikan dari ikan Guppy adalah siripnya yang lebih lebat. Ikan ini sudah lama ditemukan di Venezuela  sejak tahun 1859. Karena sudah lama ditemukan, maka ikan ini mempunyai banyak jenis dengan warna dan corak yang bervariasi. Di Indonesia, harga jenis ikan hias aquascape satu ini mulai dari Rp 5.000- Rp 10.000 per ekor.

4. Ikan Hias Aquascape White Cloud

Jenis ikan aquascape mempunyai ciri khas mempunyai sirip yang panjang nan cantik. White cloud ini memang masih tergolong baru sebagai ikan hias. Namun, belum lama ini sudah banyak penjual yang menjual belikan jenis ikan ini. Harganya juga termasuk murah, hanya Rp 6.000 per ekor.

5. Ikan Hias Aquascape Neon Tetra

Ikan neon memiliki banyak jenis, salah satunya yang memiliki warna cantik dan harga murah adalah ikan neon tetra. Neon tetra memiliki bentuk badan pipih ke samping dan sangat tipis. Garis neon berwarna biru hijau mewarnai sisi badannya mulai dari depan mata memanjang hingga sirip. Ciri khas lain ikan neon adalah cara hidupnya yang bergerombol, membuatnya lebih terlihat menarik dalam aquascape. Untuk harga ikan hias aquascape satu ini dijual Rp 1.500 per ekornya. Ekonomis sekali ya?

6. Ikan Hias Aquascape Neon Cardinal Tetra

Masih bersaudara dengan ikan neon tetra, ikan neon cardinal tetra juga termasuk jenis ikan hias yang cocok untuk pelengkap aquascape Anda. Ciri ikan cardinal tetra mempunyai badan yang lebih langsing dengan bentuk garis neon yang lebih banyak pada badannya. Memiliki warna biru, silver, dan merah. Berbeda dengan ikan neon tetra, ikan neon cardinal tetra didominasi warna merah. Harga ikan hias aquascape satu ini berkisar Rp 2.000 per ekor. Lebih mahal dari Ikan neon tetra ya?

Baca Juga :  Kenali Alat Musik Daerah sebagai Warisan Budaya Indonesia

7. Ikan Hias Aquascape Serpae Tetra

Jenis ikan aquascape yang ini merupakan spesies tetra yang berukuran kecil dan cukup populer. Ukurannya yang kecil membuat ia terlihat sangat pas dalam aquascape. Warna tubuh orange yang mencolok akan menarik perhatian untuk orang disekitarnya. Namun, ikan ini mempunyai sifat buruk, yaitu suka menggigit dan menyerang spesies ikan hias lain yang mempunyai ekor serta sirip panjang dalam satu wadah. Jadi perlu diperhatikan jika memilih teman untuk sarpae tetra agar akur dalam wadah yang sama ya. Untuk harganya masih tergolong ekonomis, hanya Rp 2.500 saja per ekor.

ikan untuk aquascape

Nah, diatas merupakan beberapa jenis ikan aquascape yang kuat yang dapat pinang sebagai pelengkap aquascape Anda agar terlihat lebih hidup. Harga ikannya pun tergolong ekonomis dapat dijangkau oleh semua kalangan. Jadi, ikan hias aquascape mana yang akan Anda pilih?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *